Membangun Masa Depan Generasi Muda Hindu NTB

Teori generasi yang sekarang sedang berkembang tak terbantahkan, bahwa untuk saat ini anak-anak kita merupakan generasi millenial jika dilihat dari sudut kelompok karakter dan prilaku teori tersebut.
Kita tidak bisa menghindarinya karena merupakan bagian dari dunia global. Salah satu dampak dari generasi millenial adalah menjadikan masyarakat yang sangat individual, pasif, kurang kreatif, bahkan lebih parah lagi akan kehilangan jati diri. Hal ini karena dalam kesehariannya mereka lebih banyak berinteraksi dengan dunia maya melalui gadget.

Fakta lainnya bahwa umat Hindu di Nusa Tenggara Barat masih banyak yang tergolong dalam keluarga pra sejahtera. Bukan hanya di daerah-daerah bahkan di perkotaanpun masih banyak warga hindu yang tergolong keluarga pra sejahtera. Akibatnya anak-anak mereka akan menjadi korban derasnya dunia global karena tidak didukung dengan pendidikan yang cukup untuk bersaing hidup pada generasi millenial.

Sejak tahun 1992 Yayasan Dharma Laksana Mataram memulai peranannya dalam membangun dan mengembangkan potensi umat sehingga diharapkan mampu menjadi umat yang mandiri dan berdaya saing berlandaskan Panca Sradha.

Yayasan ini merupakan satu-satunya yayasan Hindu milik umat hal ini jelas jika dilihat dari sejarah berdirinya yayasan (baca Sejarah Yayasan Dharma Laksana). Meskipun sudah berjuang selama 20 tahun, tetapi kondisi yayasan ini masih perlu mendapatkan dukungan dana agar bisa berkembang menjadi yayasan yang modern berbasis IT sehingga benar-benar bisa menghasilkan generasi muda yang suputra sebagai penerus penjaga Dharma.

Beberapa permasalahan yang menjadi kendala dalam pengembangan yayasan adalah :
  1. Luas lahan untuk kegiatan pendidikan dan panti asuhan sangat terbatas yaitu 20 are sehingga sangat kesulitan untuk menata dan mengembangkan setiap unit lembaga pendidikan yang layak untuk menjadi sekolah sesuai standar pendidikan nasional.
  2. Pembiayaan sekolah hanya mengandalkan sumbangan orang tua siswa yang sebagian besar kelompok masyarakat ekonomi menengah ke bawah.
  3. Karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada , maka banyak anak-anak dari keluarga Hindu yang pra sejahtera tidak bisa ditampung pada panti asuhan
  4. Belum adanya sumber ekonomi yang mampu menunjang kegiatan pendidikan pada tingkat kualitas yang lebih tinggi.
  5. Gaji guru dan pegawai pada lembaga pendidikan masih di bawah UMR regional
  6. Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) untuk Sekolah Dasar masih minus.
POTENSI
 Jika dilihat dari potensi yang ada sebenarnya jika umat Hindu menyadari betapa pentingnya pendidikan bagi generasi muda Hindu maka yayasan ini bisa menjadi salah satu yayasan terdepan dalam pengembangan pendidikan karena adanya beberapa potensi yang luar biasa, antara lain :
  1. Dari berdirinya yayasan hingga kini pengurus adalah orang-orang yang dipilih oleh masyarakat , jujur dan berdedikasi tinggi bagi pengembangan yayasan dimana laporan kegiatan dan laporan keuangan dilakukan secara terbuka dan transparan. Bahkan saat ini pengurus juga menjadi donatur tetap yayasan.
  2. Semangat pengabdian Umat Hindu Nusa Tenggara Barat untuk memajukan diri dan umatnya yang sangat besar. 
  3. Banyak umat Hindu yang memiliki ekonomi menengah keatas sebagai potensi pengembangan sumber ekonomi 
  4.  Banyaknya umat hindu yang memiliki pendidikan lebih dari cukup sebagai sumber daya insani yang mampu mambantu baik secara langsung maupun tidak langsung memberikan pemikiran demi pengembangan yayasan

SASARAN

 Untuk mencapai Visi dan Misi , yayasan memiliki dua sasaran yaitu :


1. Sasaran Jangka Pendek
Terpenuhinya kebutuhan operasional pendidikan dari tingkat Taman kanak-kanak sampai dengan SMA sehingga semua menjadi sekolah yang terakreditasi minimal B.

2. Sasaran Jangka Panjang
Adanya lokasi tersendiri tempat panti asuhan yang terpisah dari lokasi sekolah yang mampu menampung anak asuh yang lebih banyak dan layak. 
Perluasan lahan dan bangunan sekolah sesuai standar pendidikan nasional sehingga setiap unit pendidikan mampu mandiri dan menjadi sekolah unggulan dengan akreditasi A 


KEGIATAN

A. Kegiatan Jangka Pendek
  1. Melakukan sosialisasi baik langsung maupun tidak langsung dalam rangka pengenalan visi,misi dan kegiatan yayasan serta pembinaan kepada umat bahwa dana punia untuk pendidikan juga bagian dari manusa yadnya.
  2. Melibatkan tokoh adat, tokoh agama dan pemimpin agama serta lembaga Hindu dan pemerintah dalam pengembangan kegiatan  yayasan dharma Laksana
  3. Melakukan usaha-usaha pengumpulan dana punia  dari umat untuk menutupi kekurangan anggaran operasional sekolah dan panti asuhan melalui :
  • Dana punia insidental dilakukan oleh umat Hindu yang memberikan dana punia sewaktu-waktu baik secara langsung datang ke yayasan maupun tidak langsung melalui pengiriman rekening.
  • Dana punia rutin dilakukan oleh umat Hindu yang bersedia menjadi donatur tetap setiap periodik , seperti ; mingguan, bulanan, triwulanan, semesteran maupun tahunan baik perorangan maupun kelompok/organisasi
  1. Kotak dana punia yang diletakkan pada tempat-tempat ekonomis strategis.
  2. Orang tua asuh dilakukan oleh umat Hindu yang bersedia menjadi orang tua asuh bagi siswa atau anak panti asuhan bisa dalam dua bentuk yaitu :
  3. Anak diajak tinggal langsung pada orang tua asuh dan menanggung semua biaya hidup dan biaya sekolah selama menjadi anak asuh.
  4. Anak tinggal di Panti asuhan tetapi beaya sekolah menjadi tanggung jawab orang tua asuh. 
  5. Pengajuan proposal bantuan dana kepada lembaga pemerintah dan non pemerintah dalam usaha melengkapi sarana dan prasarana pendidikan.

B. Kegiatan Jangka Panjang
  1.  Membuat Site Plan pengembangan yayasan yang ideal
  2. Mendirikan unit usaha secara profesional sebagai sumber pengembangan ekonomi yayasan.
  3. Mengembangkan lahan dan bangunan agar setiap unit pendidikan memiliki tampat dan bangunan tersendiri.
  4. Menjadikan semua unit pendidikan sebagai sekolah unggulan yang berkualitas dan diminati baik oleh umat Hindu maupun non Hindu

Kami mengajak seluruh Umat Hindu dimanapun untuk turut serta me-Yadnya demi generasi masa depan yang cemerlang. Jika berminak silahkan klik link di bawah ini





Blog, Updated at: November 11, 2018

0 komentar:

Posting Komentar

VISI DAN MISI

Yayasan Dharma Laksana Mataram sebagai pusat pendidikan dan pengembangan sumber daya insani Hindu yang berkualitas dan berdaya saing berdasarkan Panca Sradha.





TK Dwijendra

Didirikan pada tahun 1995 dengan tujuan turut serta membina pendidikan umat Hindu dari usia dini









Panti Asuhan Dahrma Laksana

Panti Asuhan yang sekarang disebut Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) didirikan dengan tujuan untuk membantu umat Hindu usia sekolah dari keluarga pra sejahtera dapat memperoleh pendidikan secara layak. Mereka ditampung dan dibiayai oleh yayasan melalui dana punia/donatur dari masyarakat dan pemerintah

Laporan Keuangan


No Keterangan Jumlah
1 Total Penerimaan Th 2017
56.952.000
2 Pengeluaran Th 2017
43.290.900
3 Saldo Akhir Kas per 31 Desember 2017
13.661.100
4 Total Penerimaan Th 2018 151.577.000
5 Jumlah Uang Tahun 2018 165.238.100
6 Pengeluaran Tahun2018 83.898.114
7 Saldo Kas Per 31 Desember 2018 81.339.986

Rincian secara detail silahkan lihat pada link berikut ini :
>

Jalan DR. Sujono Lingkar Selatan

Nomor 15 Mataram

Ijin Menkum Ham No. AHU 8383/H.01.04.Tahun 2011

No Telp. 0370 7509959

email: dharmalaksanamtr@gmail.com

site : www.dharmalaksana.or.id

DONASI

Untuk memberikan donasi/bantuan/dana punia bisa langsung ke sekretariat yayasan, Jalan DR. Sujono Lingkar Selatan Nomor 15 Lingkar Selatan , Pagutan Timur, Mataram
Atau bisa melalui rekening :
  1. Bank BPD Bali No 059 02.05.15173-1
  2. Bank Mandiri 161-00-0919009-6
  3. Bank BRI 7350-01-007718-53-5
atas nama Yayasan Dharma Laksana Pagutan